Mengapa Pre Amplifier itu Penting?

Bila pertanyaan yang menjadi judul di atas dijawab dengan kalimat singkat, maka pre amplifierlifer di sebuah system stereo audio perlu digunakan karena pre amplifier merupakan Grand Central Station-nya sebuah system hi fi. Mengapa?

Gambar contoh Pre Amplifier MacIntosh C504 milik maha guru saya Topeng Baldwin

Bila diperhatikan urutan perjalanan sinyal audio, sebuah pre amplifier awalnya menerirna sinyal dari perangkat sumber seperti turntable, pemutar CD, tape deck dan lain lainnya. Dengan rnemakai pre amplifier maka kita bisa memilih mana player player atau source yang terhubung ini, yang akan kita dengarkan suaranya. Sinyal yang ada di dalam pre amplifier ini lalu diolah dan dikeluarkan menuju power amplifier. Setelah diperkuat power amplifier, sinyal ini dilarikan ke speaker. Kita dengarlah kemudian suara itu.

Agar pernakai bisa melakukan pemindahan operasi diantara aneka sumber sumber ini, pre amplifier pun kemudian dilengkapi aneka fungsi, seperti fungsi yang membuatnya bisa memperkuat sinyal dari phono cartridge, menyesuaikan keseimbangan atau balance diantara channel channel dan membuat penggunanya bisa mengeset level volume.

Fungsinya secara umum memang untuk memperkuat sebuah sinyal berlevel rendah menjadi sinyal line level. Sinyal sinyal berlevel rendah tadi berasal dari aneka sumber seperti dari sebuah pickup, mikrofon, turntable atau transducer lainnya. Fungsi lain yang diembannya adalah sebagai perangkat yang dapat melakukan ekualisasi dan tone control. Untuk menyiapkan amplifier utama untulk sinyal elektronik yang diterimanya, pre amplifier lalu mengirimkan sebuah sinyal berlevel rendah. Pre amplifier ini seringkali dibuat sebagai bagian dari sebuah turntable, pickup, transducer, atau turntable.

Dalam hal sebuah sistem suara rumah, pre amplifier ini bisa dengan mudah berpindah ke aneka sumber line level bervariasi untuk mengontrol volume tanpa memperkuat suara sama sekali.
Sekali pre amplifier berhasil membentuk nada yang akurat, misalnya untuk instrumen, sinyal ini lalu dikirimkan ke power amplifier. Power amplifier disini bertanggung jawab dalam mengumpankan daya atau menggerakkan speaker, yang lalu menghasilkan suara akhir. Sebuah power amplifier punya aneka ukuran yang bervariasi yang diukur dalam satuan Watt. Kian tinggi tingkat Watt, kian banyak (lengkap) lah suara yangmampu dihasilkan amplifier itu.

Dari bahasan singkat di atas, terlihatlah bagaimana pre amplifier memiliki andil tersendiri dalam sebuah sistem audio. Sampai ada yang berpendapat, sebuah pre amplifier memiliki sinyalnya sendiri. Pre amplifier begitu penting ketika sebuah amplifier audio ingin digunakan dengan transducer beroutput rendah seperti pickup phonograph magnetic misalnya. Sebuah pre amplifier bisa sajia menggabungkan jaringan pengkoreksi frekuensi untuk mengkompensasikan karakteristik frekuensi dari sebuah transduser input yang diberikan dan untuk membuat frekuensi respon dari kombinasi pre amplifier dengan amplifier menjadi seragam.

Pre amplifier dan amplifier utama bisa saja digunakan untuk system home audio atau untuk band live. Bisa pula digunakan dalam sebuah studio rekaman music atau di sebuah meja mixing musik. Bahkan sebuah TV pun perlu pre amplifier untuk meningkatkan komunikasi satelit atau antenna. Pada system audio yang umum, sebuah pre amplifier hanya menyediakan sebuah gain tegangan, yang biasa besarnya antara 10 milivolt hingga 1 volt. Pre amplifier ini tidaklah menyediakan arus listrik Amplifier kedua, yang diferensikan kemudian sebagai power amplifier, mensuplai arus yang penting ke speaker.

Akan tetapi, jika anda mendengarkan musik hanya dari sebuah CD sebagai satu satunya sebuah perangkat sumber (tanpa adanya turntable, tape dek, tuner atau sumber lainnya di ruang audio anda), maka pemutar CD atau prosesor digital yang dilengkapi dengan control volume bisa menggantikan fungsi sebuah pre amplifier. Disini, pemutar CD atau prosesor mendrive power amplifier secara langsung, dengan volume yang bisa disetel melalui level control outputnya

0 Response to "Mengapa Pre Amplifier itu Penting?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel