Macam - Macam Pre Amplifier

Ada yang mengasumsikan pre amplifier sebagai sebuah unit yang mengambil sebuah sinyal berlevel rendah dari sebuah cartridge phono moving coil dan menguatkannya ke sebuah level tertentu yang bisa diterima oleh sebuah preamplifier phono. Ada lagi yang mempersepsikan pre amplifier dengan makna lain, khususnya sesuai dengan perangkat atau sistem yang dimiliki. Memang ada beberapa jenis pre amplifier, yang masing masing tidak saja berbeda di desain, tetapi fungsi dan kemampuannya.

Berikut ulasan tentang beberapa tipe Pre Amp serta beberapa istilah yang akrab dengan dunia pre amplifier.

Pre amplifier line stage
Amplifier tipe ini hanya menerimasinyal sinyal line level atau sinyal berlevel rendah, termasuk aneka komponen sumber, kecuali turntable. Pre amp line stage kian popular kala banyak pehobi audio kian menyukai CD ketimbang LP sebagai sumber sinyal utamanya. Jika anda tidak memiliki sebuah turntable, bolehlah membeli sebuah pre amplifier line stage.

Phono pre amplifier
Pre amplifier ini disebut juga phono stage. Pre amplifier ini mengambil sinyal yang sangat kecil atau
rendah dari phono cartridge dan menguatkannya ke bentuk line level. Pre amp tipe ini juga menampilkan ekualisasi RIAA pada sinyal yang berasal dari cartridge. RIAAA sesuai singkatannya, adalah ekualisasi yang mengambil nama dari badan Recording Industry Association of America.
Ekualisasi RIAAA merupakan standar ekualisasi boost bass dan cut treble yang digunakan dalam proses mastering disc, untuk menyimpan respon yang flat. Sebuah phono stage bisa berupa sebuah unit stand alone outboard dalam sasisnya atau sebuah sirkuit diantara sebuah preamplifier dengan
fungsi penuh. Untuk dapat memainkan rekaman vinyl melalui turntable, kita haruslah memiliki sebuah phono stage, baik berupa komponen terpisah atau sebagai bagian dari sebuah pre amplifier fungsi penuh

Pre Amplifier Balance dan Unbalanced
Preamplifier bisa memiliki input balanced, output balance atau keduanya. Walaupun semua preamp
balanced memiliki jek jek XLR, tidak semua preamplifier balanced dibuat sama persis. Dua preamp bisa saja memiliki input dan output balanced yang berbeda, yang sekaligus memperlihatkan perbedaan dalam cara mentreatmen sinyal. Umumnya pre amplifier yang menerima sebuah sinyal balanced, akan langsung mengkonversikannya ke sebuah sinyal unbalanced, dan menampilkan fungsi pre amplifier biasa(menyediakan gain dan penyetelan volume) pada sinyal unbalanced, lalu mengkonversikan sinyal itu kembali ke balanced, tepat sebelum sampai ke output utama.

Trafo Step Up
Sebenarnya trafo ini memiliki fungsi yang sama sebagai sebuah pre amplifier, tetapi mengunakan sebuah trafo ketimbang sirkuit penguat.

Pre amplifier Full Function
Unit ini mengombinasikan sebuah phono stage dengan sebuah pre amplifier line stage, biasanya dalam satu sasis

Pre amplifier Tabung
Ini adalah preamplifier tabung yang menggunakan tabung vacuum untuk menguatkan sinyal audio.

Pre amplifier hybrid
Pre amplifier jenis ini menggunakan kombinasi tabung dan transistor dalam satu sasis.

Pre amplifier Digital
Pre amplifier digital mampu menerima input digital seperti dari sebuah CD transport, dan memproses sinyal audio di dalam domain digitalnya. Pre amplifier digital biasanya dilengkapi dengan sebuah konverter digital to analog sehingga bisa mendrive sebuah power amplifier konvensional.

Pre amp pasif
Ada yang lebih suka menamakannya dengan Passive Level Control. Alat ini bisa menggantikan sebuah pre amplifier line stage dalam beberapa situasi. Passive Level Control dimasukan di dalam jalur sinyal diantara sebuah komponen sumber dan power amplifier. Ketimbang memperkuat sumber, alat ini lebih suka mengurangi level sinyal yang mendrive power amplifier.

Itulah beberapa tipe dan aplikasi singkat pre amplifier. Mana yang cocok untuk kita pilih, tentu saja tergantung apa yang kita butuhkan dan tentu saja budget yang kita miliki. Kalau bicara keinginan dan kebutuhan tentu saja kita menginginkan yang terbaik bahkan seri yang flagship (seri termahal). Anda yang hanya memakai satu sumber sinyal suara misalnya sebuah pemutar CD, tak perlu pre amplifier yang menguatkan sinyal kecil dari sebuah phono. Lainnya akan memerlukan banyak input untuk mengakomodir tape dek, tuner dan audio dari sebuah sumber video.

0 Response to "Macam - Macam Pre Amplifier"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel