Excursion Limits Adalah

Istilah Excursion limits berkaitan dengan kasus dimana sebuah speaker terbakar atau putus. Mengapa speaker bisa terbakar atau putus? Pertama, ingatlah bahwa speaker kita akan aman aman saja walaupun menggunakan power yang terlalu kecil untuknya. Hanya ada dua penyebab kenapa speaker kebakar, yakni
1. Speaker itu menerima terlalu tinggi powernya dan meneruskan tingkat panas dari speaker
2. Powernya terlalu tinggi pada sebuah frekuensiyang terlalu rendah (rating excursionnya) sehingga secara mekanis akan membakar driver.


Orang seringkali tidakm enyadari bahwa tingkat power yang mereka gunakan rendah sehingga dapat mengakibatkan klipping. Sebuah amplifier yang mengalami kondisi kliping berat punya potensi menggandakan jumlah power
hingga dua kalinya dari tingkat RMS continuous fullnya. Inilah mengapa orang mengatakan bahwa sebuah amplifier yang punya rate 200 Watt continuous bisa memasukkan 400 Watt selama terjadinya hard clipping tadi. Jadi jika anda mensuplai sebuah speaker 300 watt dengan sebuah amplifier 200 watt, ini tidak bisa dikatakan underpower, karena 400 watt tadi diteruskan oleh amplifier kita ketika kita tidak mencari rating speaker. 
Gambaran dari Excursion Limits adalah sebagai berikut.  Ada sebuah titik di tiap speaker dimana bila kita menggunakan power yang terlalu tinggi pada sebuah frekuensi yang terlalu rendah, akan menyebabkan speaker ini rusak atau memukul voice coil turun ke plate bawah. Inilah batasan excursion atau mekanikal dari sebuah speaker. Ini juga dapat membuat speaker bergerak begitu jauh dan mulai mendistorsi bentuk dari voice coil sehingga akan menyebabkan sebuah arus pendek. Untuk inilah maka kita perlu membatasi jumlah power pada frekuensi yang sangat rendah untuk dialirkan ke sistem.
Bisa saja kita gunakan sebuah filter high pass (dikenal juga dengan nama 'low cut) ke sinyal sebelum sinyal ini mencapai power amplifier atau di dalam amplifier itu sendiri. Aturan yang jelas adalah, power yang dialirkan ke speaker dibawah frekuensi tuning boksnya sebaiknya berada pada di satu oktaf dibawahnya. Jadi, sebuah speaker dapat menghandle 500 Watt secara aman pada frekuensi tuning (misalkan saja pada 50 Hz) sebaiknya tidak menerima dnya lebih dari 125 Watt di 25 Hz. Jika tetap saja dia menerima, nantinya akan gagal beroperasi (fail).

0 Response to "Excursion Limits Adalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel