Cara Memperbaiki dan Merawat Kaset Agar Suaranya Kembali Jernih



Mungkin sebagian dari kalian yang lahir di tahun 2000an tidak familiar dengan benda ini, Tapi tahukah kalian bahwa kami yang lahir tahun 80 dan 90-an sangat kecanduan akan benda ini. Bentuknya yang kecil membuat kaset menjadi barang yang praktis untuk dibawa-bawa. Sebelumya tolong jangan protes mengapa saya sebut kaset itu benda yang praktis.
Dahulu sebelum ada iPod dan pemutar music canggih lainya, kita mendengarkan music dengan media yang sangat merepotkan. Pernahkah kalian mendengar istilah-istilah Vinyl (piringan hitam), Laser Disc, Reel to Reel Cassette dan sejenisnya? Jika belum, cobalah anda lihat gambar-gambar berikut:
Gambar vinyl,reel to reel, dll

Bagaimana? Sangat besar bukan bentuknya? Maka dari itu saya katakana bahwa kaset pita atau Compact Cassete itu lehih praktis. Ditambah lagi jika alat pemutarnya menggunakan player jenis portable, atau yang familiar dikenal dengan Walkman (produk dari SONY)
Gambar Walkman

Kaset adalah…..


Permasalahan yang sering timbul pada kaset:

A. Pita pada kaset berjamur

Kondisi ini terjadi dikarenakan Kaset tersebut sudah jarang sekali dimainkan atau kaset tersebut di simpan pada tempat yang lembab.

Cara membersihkan pita kaset yang berjamur sangatlah mudah yaitu dengan menyetel kaset tersebut berulang-ulang dan di bolak balik. Ini mungkin membutuhkan lama dan tentunya sangat membosankan. Bagaimana tidak, untuk melakukan langkah ini mungkin anda akan membutuhkan waktu yang sangat lama tergantung dari kaset tersebut. Terlebih anda juga akan mendengarkan lagu dari kaset tersebut dengan kualitas suaranya sangat buruk pastinya, karena kondisi pita yang kotor.

Ada alternative lain yang bisa dilakukan selain cara diatas, yaitu dengan cara berikut:

Bila anda mempunyai kaset rewinder, pasangkan kaset ke rewinder. Basahi kapas menggunakan alkohol, kemudian letakkan kapas tersebut pada pita yang terletak diatas busa seperti pada gambar berikut. Putarlah roll kaset hingga pita kaset habis tergulung.

Note: Jika anda tidak mempunya cassete rewinder, anda bias menggunakan  pensil




B. Suara yang dihasilkan kaset “Mendem”

Mendem yang saya maksud disini bukanlah “mendem” dalam Bahasa jawa yang artinya mabuk. Mendem yang saya maksud adalah suara yang dihasilkan kaset seakan terpendam, suaranya kecil dan tentunya sangat tidak enak untuk di dengarkan.
Yang menyebabkan hal ini terjadi kira-kira ada dua hal yaitu antara Head pada Tape Deck kotor, pita yang kotor, atau Kapas pada kaset yang kotor atau mungkin ketiganya dikarenakan kondisi kaset yang sudah terlalu lama tak terpakai.

Cara memperbaiki kaset yang suaranya mendem akibat busa/pressure pad kotor:

1. Angkat pita kaset menggunakan tusuk gigi atau sejenisnya. Note: jangan gunakan stik yang berbahan metal atau besi, saya kawatir kalau material besi tersebut mengandung magnet. Kaset sangat tidak disarankan jika di dekatkan pada magnet, ini akan merusak kualitas suara pada kaset

2. Teteskan alcohol pada cottonbud, kemudian bersihkan busa dengan menempelkan cottonbud ke busa. Jika busa pada kaset masih juga kotor, ulangi langkah ini hingga benar-benar bersih, saya yakin suara yang dihasilkan kaset akan membaik


Cara memperbaiki kaset yang suaranya mendem akibat pita kaset kotor:
Anda bisa membersihkan pita yang kotor dengan metode yang sama seperti membersihkan pita yang jamuran


Cara Membersihkan head yang kotor:

1. Buka pintu mekanik tape deck
2. Teteskan alcohol ke cottonbud
3. Bersihkan permukaan head menggunakan cottonbud yang telah dibasahi alcohol
4. Bersihkan head menggunakan kapas atau tisu agar head kering, karena head yang basah karena alcohol memungkinkan menimbulkan suara dengung



Cara ini belum tentu dapat mengembalikan kualitas suara kaset persis seperti kondisis pada saat baru, namun minimal ini akan membuat kondisi suara kaset membaik.
 

C. Kaset saat di play sering berhenti sendiri

Bila kita memutar kaset yang durasinya belum selesai tapi tiba-tiba stop dengan sendirinya, ini bias disebabkan karena kaset berat saat diputar (alot/seret). Masalah ini bisa diselesaikan dengan cara berikut:


Cara pertama dengan memukul-mukulkan kaset ke telapak tangan. Ini dilakukan bila kondisi kaset belum terlalu parah.
Cara kedua yaitu dengan membongkar dan membersihkan total. Biasanya di dalam kotak kaset terdapat plastic/kertas pembatas antara cover kaset dengan pita kaset. Bila terdapat pembatas yang saya maksud tersebut, lakukan langkah berikut:
1. Bongkar kaset kemudian lepaskan pembatas tersebut.
2. Bersihkan pita dank over kaset dari debu atau kotoran, bila perlu gunakan tisu yang dibasahi alcohol
3. Rangkai kembali kaset tanpa memasang pembatas tersebut
4. Uji coba suara kaset pada player, bila hasilnya bagus anda bisa memasang lagi pembatas tersebut lalu bandingkan antara kaset tanpa kertas pembatas atau tanpa menggunaan pembatas. Terserah keinginan anda

Dari uraian yang saya jelaskan diatas....

8 Responses to "Cara Memperbaiki dan Merawat Kaset Agar Suaranya Kembali Jernih"

  1. sayang nya saya udah ga pnya kaset gan. tapi info yg sangat bermanfaat untuk yg msih koleksi kset.

    ReplyDelete
  2. wah bermanfaat banget cara memperbaiki kaset rusak

    ReplyDelete
  3. wah bermanfaat gan, jika agan ingin belajar mengenai dunia elektronika silakan kunjungi solderperak.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. yah buat nambah nambah pengetahuan sih gan, soalnye ane udah kagak punya kaset

    ReplyDelete
  5. Wahhh jadi nostalgian masa kecil waktu masih banyak kaset begini.. Hihi

    ReplyDelete
  6. Membantu juga pakai rewinder kaset manual. . callness rewinder

    ReplyDelete
  7. Membantu juga pakai rewinder kaset manual. . callness rewinder

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel